AKANKAH MOLOKO KIE RAHA MENGEMBALIKAN KEJAYAAN NYA ?.....,.

Berabad-abad lamanya orang Eropa tidak mampu memecahkan misteri asal- usul rempah-rempah. proses pencarian Kepulauan Rempah-rempah yang melelahkan, penuh perjuangan, serta berlumur darah telah menjadikan rempah-rempah sebagai salah satu penentu sejarah dunia. Pada masa Sebelum Masehi, orang-orang Eropa telah mengenal rempah- rempah. Sekitar 3.000 tahun Sebelum Masehi, penduduk Eropa diperkirakan telah menggunakan rempah-rempah meski mereka belum mengetahui asal-usulnya. Sejarawan Yunani, Herodotus, pada abad V Sebelum Masehi mencatat keingintahuan orang Barat mengenai asal-usul rempah-rempah mulai muncul. Akan tetapi, orang Arab yang menjadi pedagang perantara rempah-rempah di Eropa tetap menyembunyikan asal-usul rempah-rempah itu.
Di dalam catatan I Tsing, pengelana asal China yang membuat catatan pada tahun 671-695 dalam sebuah buku yang oleh penerbit di Inggris diterbitkan dengan judul A Record of The Buddhist Religion as Practised in India and the Malay Archipelago, juga menyebut rempah-rempah sebagai komoditas Penting di dalam perdagangan saat itu. Kemudian Marco Polo, Orang Eropa tetap penasaran mengenai asal-usul rempah-rempah itu. hingga akhirnya Marco Polo pada abad ke-13 melakukan perjalanan ke Timur melalui darat hingga ke China dan kembali ke Italia melalui jalur laut dan darat. Dalam perjalanan nya Marcopolo Membenarkan bahwa Ternyata Rempah-rempah itu dia temukan di sebuah Pulau yang di beri Nama Oleh Bangsa Tiongkok sejak abad 8 SM “Makian” (Daerah Penghasil Rempah).
Laporan Marcopolo yang menjangkau Asia pada awal abad ke- 13, Nicolo de Conti (1395-1469), diperkirakan sebagai pendorong bagi penguasa Portugis memulai ekspedisi ke Kepulauan Rempah-rempah. Laporan itu meyakinkan penguasa Portugis bahwa kepulauan itu bisa dicapai melalui jalur laut.
Portugis kemudian membuat ekspedisi yang secara serius melacak asal- usul rempah-rempah dengan menyusuri pantai selatan Eropa, kemudian Afrika hingga memasuki Nusantara. Penemuan tempat itu makin mendapati kenyataan dan Portugis menguasai Pelabuhan Malaka pada tahun 1511 sebagai Jalur perdagangan Bandar Sutra. Di sisi lain, Spanyol yang tidak mau kalah dengan Portugis mencari jalur rempah-rempah melalui jalur laut hingga akhirnya menemukan di Ternate yang mana menurut Marcopolo bahwa Bibit Cengkeh yang ada di ternate itu berasal dari Makian . Petualangan yang paling spektakuler adalah perjalanan lima kapal Ferdinand Magellan (1480-1521) yang dimulai dari Pelabuhan Sevila, Spanyol, pada tahun 1519.
Salah satu catatan yang penting adalah globalisasi pertama mengutip pendapat penulis The World is Flat, Thomas L Friedman terjadi pada saat pencarian Kepulauan Rempah-rempah, yaitu ketika Columbus memastikan bahwa bumi itu bulat seperti yang sekarang kita kenal dengan globe.
Saat itu rempah-rempah menjadi bagian dari penentu sejarah dunia. Perkembangan berbagai ilmu, salah satu yang penting, yaitu ilmu geografi, juga terkait dalam proses pencarian rempah-rempah. Akankah Maluku Utara yang tidak lain adalah Kepulauan Rempah-rempah itu akan menjadi penentu sejarah berikutnya ? …………… Wallahu Alam Bissawab